Doa Sholat

Sholat merupakan kewajiban bagi umat islam. Menurut istilah bahasa sholat ialah berdoa.
Menurut ahli gerak tubuh, sholat bisa juga sebagai olahraga rutin karena setiap gerakan sholat memacu kinerja otot dan saraf. Subhanallah.


Nah sholat terdiri dari berbagai doa yang diawali dengan niat sholat. Namun mungkin sebagian dari kita hanya menghafalkannya dan mengucapkannya saja tanpa mengerti arti dari doa sholat itu sendiri ( yang tersenyum-merasa he.e.). Maka dari itu saya ingin share aja arti doa dalam sholat sehingga dengan mengucapkan doa sholat dan mengerti/paham makna arti dari doa tersebut, sholat kita akan terasa lebih khusyuk dan sempurna. Amien. Betul kan!? Saya akan memberikan arti doa sholat yang umumnya saja (sholat wajib)
Nohon maaf saya tidak menampilkan lafal arab dari doa sholat.
Langsung aja dech...berawal dari mulai mengerjakan sholat yaitu mengucapkan niat sholat

Niat sholat Subuh 
USHALI FAR-DLASH-SHUB-HI RAK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN (MAKMUUN/IMAAMAN) LILLAHI TA'AALA
Artinya "Aku niat shalat fardlu shubuh 2 rakaat dengan menghadap kiblat (jadi makmun/imam) karena Allah Ta'ala".

Niat sholat Dhuhur
USHALI FAR-DLADH-DHUH-RI ARBA'A RAKA'AATIN MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN (MAKMUUN/IMAAMAN) LILLAHI TA'AALA
Artinya "Aku niat shalat fardlu dhuhur 4 rakaat dengan menghadap kiblat (jadi makmum/imam) karena Allah Ta'ala".

Niat sholat Ashar
USHALI FAR-DLAL'ASHARI ARBA'A RAKA'AATIN MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN (MAKMUUN/IMAAMAN) LILLAHI TA'AALA
Artinya "Aku niat shalat fardlu ashar 4 rakaat dengan menghadap kiblat (jadi makmum/imam) karena Allah Ta'ala".

Niat sholat Maghrib
USHALI FAR-DLAL MAGHRIBI TSALAATSA RAKA'AATIN MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN (MAKMUUN/IMAAMAN) LILLAHI TA'AALA
Artinya "Aku niat shalat fardlu maghrib 3 rakaat dengan menghadap kiblat (jadi makmum/imam) karena Allah Ta'ala".

Niat sholat Isya'
USHALI FAR-DLAL ISYAA-I ARBA'A RAKA'AATIN MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN (MAKMUUN/IMAAMAN) LILLAHI TA'AALA
Artinya "Aku niat shalat fardlu isya' 4 rakaat dengan menghadap kiblat (jadi makmum/imam) karena Allah Ta'ala".

Lanjut arti Doa Iftitah
ALLAHU AKBAR KABIRA WAL HAMDULILLAHI KATSIRA WA SUBHAANALLAHI BUK-RATAN WA-ASHILA, INNI WAJJAH-TU WAJHIYA LILLADZIFATHARAS-SAMAAWAATI WAL AR-DLA HANIFAM-MUSLIMAU-WAMAA ANA MINAL MUSYRIKIN, INNA SHALATI WANUSUKI WAMAHYAAYA WAMAMAATI LILLAHIRABBIL 'AALAMIIN, LA SYARIKA LAHU WABIDZALIKA UMIR-TU WA-ANA MINAL MUSLIMIN
Artinya : "Allah maha besar lagi sempurna kebesaran-Nya, segala puji bagi Allah sebanyak-banyaknya, maha suci Allah sepanjang pagi dan petang. Sesungguhnya wajahku kuhadapkan kepada Dzat yang menciptakan langit dan bumi, (kuhadapkan) dengan lurus serta pasrah diri, dan aku bukan golongan orang musyrik. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanya untuk dan karena Allah Tuhan yang menguasai segala alam. tidak ada yang mnyekutukan dia dan aku tidak diperintah menyekutukan-Nya, dan aku dari golongan oramg-orang islam".

Bacaan Surat Al-Fatihah
BISNILAAHIRRAHMAANIRRAHIM, AL HAMDULILLAHI RABBIL AALAMIN, ARRAHMAANIRRAHIM, MAALIKIYAUMIDDIIN, IYYAAKANA'BUDU WAIYYAAKANAS-TA'IIN, IH-DINASH-SHIRAATHAL MUSTAQIIM, SHIRAATHAL-LADZIINA AN'-AMTA 'ALAIIHIM GHAIRIL MAGH-DLUUBI 'ALAIHIM WAALADLOOLIIN, AAMIIN
Artinya : "dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang segala puji bagi Allah Tuhan yang menguasai segala alam, yang Maha Pengasih dan Penyayang, Dzat yang merajai pada hari kiamat, kepadaMulah kami menyembah dan kepadaMu kami minta pertolongan tunjukkanlah kami ke jalan yang lurus sebagaimana jalannya orang-orang yang Engkau beri kenikmatan, bukan jalan orang-orang yang engkau murkai dan bukan jalan orang-orang yang sesat".

Bacaan surat pendek (salah satunya Surat Al-Ikhlas)
QUL HUWALLAHU AHAD, ALLAAHUS-SHAMAD, LAM YALID WALAM YUULAD WALAM YAKUL LAHU KUFUWAN AHAD
Artinya : " Dialah Allah, Yang maha Esa, allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu, Dia tidak beranak dan tiada pula diperanakkan, dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia".

Doa Ruku'
SUB-HAANA RABIYAL 'ADHIIMI WA BIHAMDIH 3x
Artinya : "Maha Suci Tuhan Yang Agung dan segala Puji Bagi-Nya".

Doa I'tidal
SAMI'ALLAHU LIMAN HAMIDAH
Allah mendengar orang yang memuji-Nya
RABBANAA LAKAL HAM-DU MIL-USSAMAAWAATI WA MIL-UL ARDLI WAMIL-UMAASYIK-TA MIN SYA-IMBADU
Artinya : "Ya Allah kami, kepada-Mu lah segala puji sepenuh langit, sepenuh bumi dan sepenuh barang yang Engkau kehendaki dari sesuatu sesudahi itu".


Doa Sujud
SUB-HAANA RABBIYAL A'LAA WA BIHAMDI 3X
Artinya : "Maha Suci Tuhan Yang Maha Tinggi, dan segala puji bagi-Nya".

Doa Duduk Antara Dua Sujud
RABBIGH-FIRLII WAR-HAMNII WAJ-BURNII WAR-FA'NII WAR-ZUQ-NII WAHDINII WA 'AAFINII WA'FU 'ANNII
Artinya : "Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku, belas kasihanilah aku, angkatlah derajatku, berilah aku rizki, berilah aku petunjuk, dan berikanlah aku kesehatan serta berilah aku keamanan".

Doa Tasyahud Awal
ATTAHIYAATUL MUBAARAKAATUSH-SHALAWAATUTH THAYIBAATU LILLAAH, ASSALAAMU'ALAIKA AYYUHAN NABIYYU WARRAHMATULLAHI WABARAKAATUH, ASSALAAMU 'ALAINAA WA 'ALAA IBAADILLAAHISH SHAALIHIIN, ASY-HADU AL-LAA-ILAAHA ILLALAAH, WA ASY HADU ANNA MUHAMMADAR-RASULULLAH. ALLAHUMMA SHALLI 'ALAA SAYYIDINAA MUHAMMAD
Artinya : "Segala kehormatan, keberkahan, kebahagiaan dan kebailan adalah bagi allah. Semoga keselamatan tetap bagimu wahai Muhammad. Demikian pula rahmat Allah serta berkah-Nya. Semoga keselamatan tetap bagi kami dan bagi sekalian hamba allah yang shaleh. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang patut disembah kecuali hanya Allah semata, dan aku bersaksi sesungguhnya Nabi Muhammad itu adalah utusan Allah. Wahai Allah berilah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad".

Doa Tasyahud Akhir
ATTAHIYAATUL MUBAARAKAATUSH-SHALAWAATUTH THAYIBAATU LILLAAH, ASSALAAMU'ALAIKA AYYUHAN NABIYYU WARRAHMATULLAHI WABARAKAATUH, ASSALAAMU 'ALAINAA WA 'ALAA IBAADILLAAHISH SHAALIHIIN, ASY-HADU AL-LAA-ILAAHA ILLALAAH, WA ASY HADU ANNA MUHAMMADAR-RASULULLAH. ALLAHUMMA SHALLI 'ALAA SAYYIDINAA MUHAMMAD
WA'ALAA AALI SAYYIDINAA MUHAMMAD, KAMAA SHALAAITA 'ALAA SAYYIDINA IBRAAHIM WA 'ALAA AALI SAYYIDINA IBRAAHIM, WA BAARIK ALA SAYYIDINA MUHAMMAD WA'ALAA AALI SAYYIIDINA MUHAMMAD, KAMAA BARAK-TA 'ALAA SAYYIDINA IBRAAHIM WA 'ALAA AALI SAYYIDINA IBRAAHIM, FIL 'AALAMIINA INNAKA HAMIIDUMMAJID
Artinya : "Segala kehormatan, keberkahan, kebahagiaan dan kebailan adalah bagi allah. Semoga keselamatan tetap bagimu wahai Muhammad. Demikian pula rahmat Allah serta berkah-Nya. Semoga keselamatan tetap bagi kami dan bagi sekalian hamba allah yang shaleh. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang patut disembah kecuali hanya Allah semata, dan aku bersaksi sesungguhnya Nabi Muhammad itu adalah utusan Allah. Wahai Allah berilah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad (dan berilah kesejahteraan kepada junjungan kami Nabi Muhammad sebagaimana engkau memberikan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Berkahilah Nabi Muhammad dan keuarga Nabi Muhammad sebagaimana engkau telah memberikan berkah kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya atas alam-alam ini, Engkaulah Dzat ynag terpuji dan Maha Mulya".

Salam
ASSALAMU'ALAIKUM WARAHMATULLOH
Semoga keselamatan dan rahmat tetap untuk kamu sekalian

Ternyata doa sholat sungguh luar biasa. Semoga dapat dipahami dan bermanfaat untuk semua..:)

3 komentar:

Anonim mengatakan...

gileee....wes punya blog saiki reekk....ngampung po'o mas...

Tips Komputer mengatakan...

Alhamdulillah, terima kasih banyak gan :)
salam kenal yaa

Unknown mengatakan...

bermanfaat👍

Posting Komentar