Mengungkap Misteri Adu Penalti

Dalam sepakbola, pasti nggak ada pemain ataupun pelatih maupun official tim yang menginginkan penentuan hasil pertandingan melalui adu tendangan penalti. Namun toh meskipun hal tersebut terjadi, yang menjadikan alasan utama sebuah tim bola, menang ataupun kalah dalam adu penalti hanyalah suatu "KEBERUNTUNGAN"

Dalam adu penalti pun, tidak bakal bisa diprediksi dengan kualitas ataupun ketenaran dari sebuah tim sepakbola itu sendiri. Sudah banyak yang telah saya lihat sendiri, bahwa tim dengan kualitas baik dan diatas kertas jauh dari kualitas pemain lawan, toh akhirnya mereka bisa juga kalah.
Tidak peduli event kecil sekedar laga persahabatam, calender liga maupun final sebuah kejuaraan, adu penalti seakan menjadi momok dalam diri pemain, karena merekalah aktor utama dalam adu penalti dan mereka  tidak ingin hari itu menjadi hari ketidakberuntungannya.

Setelah observasi, menonton sekian banyak pertandingan bola (yang terjadi moment adu penalti) dan mencari berbagai video dan sumber lain, saya mempunyai pandangan sendiri tentang beruntung atau tidak beruntungnya dalam sebuah drama adu penalty.
Yang mendapatkan tambahan nilai keberuntungan adalah terletak pada eksekutor atau pemain yang menjadi penendang PERTAMA.
Sebelum melaksanakan adu penalti pasti wasit akan mengundi siapa diantara dua tim yang manjadi penendang pertama. Nah, pemain dari tim pertama yang menjadi eksekutor mempunyai beban mental yang sangat2 berat karena dialah yang menjadi harapan awal sebuah kemenangan ataupun kekalahan timnya, lain dengan pemain yang menjadi eksekutor pertama dari tim lawan, karena dia (tim lawan) dapat menunggu sejenak hasil dari tendangan pertama tim lawan.
Meskipun banyak sumber yang mengatakan bahwa kedua eksekutor pertama sama2 mempunyai peluang yang sama dalam adu penalti, tapi beban mental kedua tim berbeda meskipun sedikit sellisihnya (tidak ada presentase pasti).
Hasilnya..??? bahwa tim yang mendapatkan giliran pertama untuk menendang bola,kebanyakan menuai kekalahan dalam drama adu penalti. (berdasarkan survey sendiri-hampir 80%). PERCAYA NGGAK PERCAYA !? terserah Anda ....:)

Nah untuk Anda sebagai pelatih maupun pemain, lebih baek menjadi tim kedua yang mendapat giliran menendang penalti. Survey saya mengatakan demikian. Dan berharaplah juga hari itu KEBERUNTUNGan di pihak tim Anda. :)

0 komentar:

Posting Komentar